Selasa, 20 Maret 2012

Keindahan Air Terjun Tujuh Tingkat di Sulawesi Tengah

Di dusun Wera sekitar 10 km dari Tentena terdapat pemandangan alam indah mempesona dan jarang pemandangan serupa kita temukan di wilayah Indonesia lainnya, namanya air terjun Saloupa. Kenapa di katakana akan jarang kita temukan di wilayah lain Indonesia karena terdiri dari 7 tingkat dan dalam selayang pandang tingkatan itu bisa kita lihat jatuhnya air.


Menuju tempat ini tidak terlalu sulit , biasanya kalau mau melihat dan menikmati pemandangan air terjun, diperlukan jarak tempuh yang lebih jauh ke atas bukit atau lembah dan berbatu-batu seperti air terjun di desa Wera, Kabupan Sigi, Nama dusunnya memang sama-sama Wera yang arti katanya sungai dalam bahasa Da’a (salah satu Kaili).

Lokasi air terjun Saloupa dapat kita tempuh dengan kendaraan roda 4 atau roda 2, sepanjang jalan menuju desa Wera dari kota Tentena sebagai pusatKecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, masih bisa menikmati hamparan sawah yang indah dan luas garapan penduduk dan deretan kebun-kebun coklat milik masyarakat sekitar.

Mau masuk ke lokasi air terjun, pemerintah setempat membuat pintu khusus untuk masuk dan harus ditempuh dengan jalan kaki sekitar 200 meter untuk menjangkau air terjunnya secara langsung.

Pengunjung juga bisa bermain dan mandi di lokasi ini, karena jarak jatuhnya air dari tiap ketinggian hanya sekitar 2-4 meter maka terasa tidak terlalu kuat menekan tubuh mungkin kalau mau dipijat secara alami bolehlah menaruh tubuh anda dibawah pancuran air yang turun yang dari sana kuman-kuman dan daki tubuh kita akan mengalir ke Danau Poso.

Yang menarik juga dibawah batu-batu besar yang menyanggah belaian air ini terdapat juga goa yang bisa dimasuki dan digenangi air juga, namun karena tertutup jatuhan air keberadaan goa ini belum banyak diketahui kebanyakan orang.

0 komentar:

Posting Komentar